8 Contoh Teks Berita Singkat Mengandung Unsur 5W + 1H Di Sekitar Lingkungan

Contoh Teks Berita Singkat 5W 1H


Halooo guysss, jadi kali ini merupakan tugas sekolah yaahhh... heheh maaf ini tugas sekolah yang bisa dibilang sudah lumayang usang heheh, tapi gapapa kan? yaa... inilah dia  8 Contoh Teks Berita Singkat Mengandung Unsur 5W + 1H Di Sekitar Lingkungan, ini lingkungannya yang saya bikin di sekitaran kabupaten bandung saja tidak lebih, karena saya orang kab bandung.

8 Contoh Teks Berita Singkat Mengandung Unsur 5W + 1H Di Sekitar Lingkungan
contoh teks berita


ada saran dari saya buat anda, kalau mau bikin yang namanya berita yang singkat ini ke 6 usur si 5w +1h  harus selalu ada, da kalau bisa yang dijadikan patokan beritanya diutamakan sebagai headline aagar orang menjadi tertarik, nahh untuk kesingkatan dari yang namanya  kesingkatan usahakan anda bisa membuat berita secara padat dan jelas atau informasinya lengkap tersampaikan.

Contoh Teks Berita Singkat


Rayakan 17 Agustus 2013 dengan Pesta Miras

Pasir Panjang, Sabtu (17/8) 2013. Pesta perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus memang selalu meriah, diwarnai pesta kembang api yang menghiasi langit malam. Namun, berbeda halnya dengan perayaan peringatan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2013 yang ada di Kp. Pasir panjang di daerah Gunung Puntang. Pesta perayaan hari kemerdekaan disana diwarnai dengan pesta miras.

Pada awalnya panitia penyelenggara, yaitu anggota karang taruna menghimbau warga agar tidak meminum minuman keras saat pesta berlangsung. Tetapi, karena kurangnya kesadaran warga akan hal itu, tetap saja ada warga dan bahkan  anggota karang taruna pria yang meminum miras tersebut. Hal tersebut memicu kemarahan ketua RW disana. Kemudian semua pria yang meminum miras tersebut diberi nasihat dan arahan. Setelah masalah selesai, para pria tersebut berjanji tidak akan minum minuman keras lagi.

Kebakaran Travo

Desa Cikalong, Selasa (10/5) 2011. Telah terjadi kebakaran travo di Gardu Induk Cikalong yang bertempat di Desa Cikalong, Kec. Cimaung, Kab Bandung. Kebakaran terjadi karena travo yang dipakai sudah sangat tua dan sudah tidak kuat lagi menahan tegangan listrik yang besar. Akhirnya, travo tersebut meledak dengan sangat dahsyat dan bunyi ledakan itu terdengar sampai kurang lebih radius 1 km.

Petugas pemeliharaan dari UPT Bandung Timur datang dan berusaha memadamkan api dengan menggunakan peralatan yang ada, tetapi tidak berhasil dan akhirnya travo tersebut terbakar sampai hangus.

Dengan terjadinya kebakaran itu, mengakibatkan sebagian Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) terhenti dan suplai listrik ke arah selatan seperti Pangalengan dan Garut mengalami kekurangan tenaga listrik.

                                            Motor Tabrak Truk

Margahurip, Minggu (3/6) 2012. Kecelakaan pada lalu lintas memang selalu terjadi, sama halnya dengan tabrakan yang terjadi antara pengendara motor dan truk. Kecelakaan terjadi di Jl. Pangalengan, tepatnya di depan gapura Margahurip Indah.

Kecelakaan bermula ketika mobil truk sedang melaju dari arah selatan menuju ke utara, dari arah yang sama datang sebuah motor dengan kecepatan tinggi dan berusaha untuk menyalip truk tersebut. Tetapi rem motor tersebut blong dan akhirnya motor menabrak bagian belakang mobil truk.

Untungnya kecelakaan ini tidak memakan korban, hanya pengendara motor luka-luka parah dan segera dibawa  ke rumah sakit. Polisi pun segera mengamankan motor korban dan membawa supir truk ke kantor polisi dan beberapa saksi untuk dimintai keterangan. Atas kejadian hal itu, kami menghimbau pada setiap pengendara kendaraan bermotor agar selalu berhati-hati dan menaati peraturan berkendara yang baik dan benar.


Penipuan

Astaraja, Minggu (12/1) 2014. Nasib sial menimpa seorang ibu bernama ibu Yanyan, ia ditipu oleh seseorang melalui telepon yang memberitahukan bahwa anak ibu Yanyan yang bernama Dadan, mendapatkan bonus dari bosnya sebesar Rp.5.000.000. Ibu Yanyan langsung percaya, sebab nama anak yang disebutkan pelaku cocok dengan nama anak ibu Yanyan. Kemudian  pelaku meminta ibu Yanyan untuk membagikan uang tersebut dahulu, dengan cara mengirim pulsa ke nomor-nomor yang pelaku berikan. Saat ditelepon ibu Yanyan seperti tidak sadar bahwa ia ditipu, karena orang-oang yang bertanya padanya dihiraukan saja. Sampai akhirnya ada 46 nomor telepon yang ibu Yanyan isi dengan pulsa masing-masing Rp. 100.000. Setelah itu, barulah ibu Yanyan sadar bahwa ia tertipu.

Ia pun harus membayar pulsa yang telah ia beli sebesar Rp.5.000.000 tersebut. Tapi, ia tidak dapat menggantinya. Akhirnya, keluarga ibu Yanyan membantu menggantikan uang tersebut. Saat itu, ibu Yanyan hanya bisa melamun atas apa yang terjadi pada dirinya, sampai sampai ia tidak menghiraukan orang-orang yang bertanya kepadanya. Pihak keluarga pun meminta agar jangan terlalu banyak bertanya pada ibu Yanyan saat ini, karena dihawatirkan ada gangguan mental yang terjadi pada ibu Yanyan.

Tergelincir di Kolam Berenang

Arjasari, Minggu (5/1) 2014. Insiden kecelakaan kecil telah terjadi di kolam berenang Ciru’um, seorang bapak-bapak yang tidak diketahui namanya tergelincir di pinggir kolam berenang. Insiden kecil tersebut di duga karena lantai yang licin. Mungkin karena tidak berhati hati sang bapak pun terluka di bagian kepala belakang. Luka tersebut mengeluarkan banyak darah becucuran. Akhirnya sang bapak segera diberi tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Penjaga kolam pun menghimbau pengunjung agar lebih berhati hati dan selalu memperhatikan anak-anak saat bermain di kolam berenang.

Pencurian Isi Mobil

Terminal Leuwi Panjang, Rabu (8/1) 2014. Pencurian terjadi sesaat setelah korban memarkirkan mobilnya, lalu pergi ke suatu tempat. Saat korban kembali lagi ke mobilnya, barang-barang yang ada di mobil korban sudah tidak ada. Pada jendela dan pintu mobil korban pun terlihat ada bekas cokelan. Kemudian korban bertanya kepada orang-orang yang ada di sekitar mobil korban, siapa yang mencuri barang-barang korban tersebut. Ternyata menurut saksi yang ada, ada seseorang yang membuka pintu mobil korban dan membawa tas beserta laptop dari dalam mobil. Saat ditanya, pelaku mengaku sbagai pemilik mobil tersbut.

Siswa SMP Terkena Tomcat

Kiangroke, Selasa (3/12) 2013. Galih Septiana, itulah nama seorang siswa SMPN 2 Banjaran kelas 7I yang terkena tomcat. Galih mengaku, ia terkena tomcat saat di rumahnya di daerah kiangroke pada hari selasa tanggal 3 Desember 2013. Saat itu ia sedang tiduran di rumahnya, tiba tiba ada hewan kecil  yang jatuh tepat di bawah matanya, kemudian ia menepisnya begitu saja. Keesokan harinya, kulit di bawah matanya yang terkena hewan tersebut menjadi merah dan perih. Karena semakin parah hingga kulitnya itu terasa panas dan melepuh, ia pun pergi ke dokter. Setelah pergi ke dokter ia diberi salep untuk mengobati kulitnya tersebut.

Kemungkinan besar hewan tersebut adalah tomcat, sebab gejala yang timbul sama seperti gejala yang ditimbulkan tomcat. Selama 2 minggu sudah Galih harus memakai perban di mata sebelah kirinya untuk menghindari debu yang dapat menyebabkan infeksi terhadapnya.

Motor Masuk Got

Gunung Puntang, Minggu (22/12) 2013. Hujan deras yang mengguyur daerah gunung puntang menyebabkan kecelakaan motor. Untungnya korban hanya mengalami luka-luka saja. Selain faktor cuaca yang buruk, ternyata korban pun saat itu sedang dalam keadaan mabuk dan motor yang dikendarainya pun mengalami rem blong. Akhirnya motor korban masukke got yang ada di pingir jalan.








Oke guys, mungkin sekian saja yang bisa saya sampaikan kali ini tentang 8 Contoh Berita Singkat Mengandung Unsur 5W + 1H Di Sekitar Lingkungan  mohon maaf apabila banyak kekurangan dan akhir kata semoga bisa bermanfaat dan bisa membantu kalian semua.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Domba dan Kambing

Artikel Sunda Goong Renteng

Suka Duka Beternak Domba - Memahami Resiko Ternak