Peternak Domba Tangkas / Domba Adu Garut

Perernak Domba Tangkas / Domba Adu Garut 


Sejenak kita Mampir ke salah Satu Peternakan domba Tangkas Yang Cukup Terkanal Dengan Keberhasilanya di bidang Peternakan Domba Garut Aduan Yang Berada Di KP. Ciwaru Rt 03 Rw 10 Desa Arjasari, Kec. Arjasari Kab. Bandung ( Peternakan Domba Lingga Wanggi ) Tempat Peternakan Bpk. Apip. Bpk. Sholeh. Bpk. Endra. Bpk.Rangga . Bpk. Hendrik. 

peternak domba garut
peternak domba


Alasan Beternak Domba Awalnya karna tidak ada pekerjaan yang tetap dan saya hidup di lingkungan pedesaan saya awalnya hanya bertani. terus mencoba sambil beternak domba tangkas. Setelah berjalan ternyata cocok. jadi sambil kekebun pulangnya kita bawa rumput buat pakan domba itu kan menjadi lebih produktip. 
 
Lalu saya liat pemasaran untuk domba aduan ternyata pasarnya sangat bagus. Dan harga dombanya-pun sangat unggul jika dibandingkan dengan domba pedaging. Dari sana saya mulai serius untuk menekuni peternakan domba tangkas. 

Peternakan Domba Garut  


Saya banyak belajar tentang domba tangkas dari media internet, dengan mengikuti penyuluhan dan pelatihan yang diberikan dari pemerintah secara gratis. Dari ilmu yang saya dapat dari hasil belajar tersebut saya praktekan dan hasilnya saya cukup puas. Dengan hasil dari peternakan saya banyak sekali Bibit-bibit ungulan yang telah saya hasikan. 

Untuk di kelas petani untuk harga anakan bibit unggul pejantan sapih biasanya berkisar di harga 3juta-7juta rupiah, untuk anakan betina unggulan sapih biasanya di harga 1,5juta-2juta rupiah saja. Dan untuk harga indukan biasanya saya menjual dikisaran 3-7 juta. 

Kalo pejantan usia 1-2 taun biasanya kalo pertumbuhanya maksimal bisa mendapatkan harga yang cukup tinggi di kalangan petani biasa jual di harga 12juta-35jutaan 1 ekornya. Dan biasanya kalo udah ada di kalangan orang elit harga domba bisa jual diatas harga 100juta-250 juta. Biasanaya untuk domba-domba kualitas terbaik harga 1 ekornya diatas 60juta. 
 
Jika dibandingkan dengan domba pedanging, beternak domba tangkas ini sangatlah menjanjikan dikarenakan harga yang ditawarkan sangat bebeda jauh dengan domba potong.
Dari segi posturpun domba tangkas lebih besar daripada domba pedanging, hal ini bisa menjadi salah satu patokan kenapa kita beternak domba tangkas. 

Jika ada domba dengan pertumbuhan tanduk yang terganggu, jadi tidak bisa besar dan panjang secara maksimal, maka biasanya domba tersebut dijadikan sebagai domba potong. Tidak ada kerugian disini karena kita bisa lihat dari postur yang lebih besar dari domba biasanya sehingga harga domba yang dijadikan pedanggingnya-pun akan sedikit lebih tinggi daripada domba asli pedaging. 

Perbedaan mutlak antara domba potong dan domba tangkas biasanya dari segi ketampanan/kecantikan, dari segi bulu, dari segi postur dan terakhir dari segi tanduk.
Jika dilihat dari segi pakan ataupun perawatan domba ini sama saja, tapi kalau beternak domba tangkas memberikan keutungan yang lebih, apalagi kalau nama kelompok peternak dombanya sudah memiliki citra yang berkualitas di peternak lain. 

Kenaikan harga domba biasanya betingkat dari mulai anakan berhenti menyusui, terus bertingkat lagi ke fase domba remaja sekitar usia 9-15 bulan disini jika domba berkembang secara maksimal harganyapun akan menaik hingga beberapa kali lipat, bahkan ada yang bisa sampai puluhan juta, setelah itu domba munglak dua “ganti 2 gigi” domba ini biasanya harga akan meningkat lagi hingga akhirnya sampai munglak 4 dan munglak 6. Jika domba tangkas sudah menjadi domba yang munglak eman tua biasanya digunakan sebagai pejantan yang tangguh dan sudah mulai jarang dibawa ke tempat kontes adu domba. 

Untuk informasi selengkapnya anda bisa hubungi
Bapak Rangga Yusman di no Hp: 085794070649
BBM:
WhatApp: 085794070649

Kami tunggu kedatangan anda dalam berbisnis domba tangkas dengan kami, kami siap menyuplay domba dengan kualitas tinggi kepada anda semua dari mulai bibit indukan, bibit pejantan. Kalau harga bisa diatur namun kami menawarkan harga kepada anda dengan kualitas terbaik. 

Harga tertinggi domba kelas B yang pernah peternak kami jual dikisaran 35 jutaan. Selebihnya kami biasa menjual kurang dari 35 juta, dikisaran 12-30 juta untuk kelas B dan C. Ingat saja harga tergantung dari kualitas dan spesifikasi domba yang akan dijual yang bisa dinilai dari beberapa aspek seperti ketampanan, postur, bulu, warna bulu, motif bulu, dan tanduk. 

Salam sukses buat anda Pembisnis domba dan calon pembisnis domba, kami tunggu anda tunggu kedatangan anda untuk membeli domba tangkas dari peternakan kami yaitu peternak domba lingga wangi yang beada di Ciwaru, Arjasari. 

Mari lestarikan budaya bangsa ini, mari kembangkan adat ini, hayu ngemumule ngawangun lembur meh katelah ku bangsa deungeun. Ingat beternak domba tangkas dan melestarika seni budaya adu domba bisa menjadi ladang usaha yang menjanjikan, bisa juga digarap menjadi salah satu pesona wisata indonesia yang bisa di ekspost ke luar negeri. 

Terimakasih telah berkunjung dan masuk kedalam artikel ini yang dibuat khusus untuk orang yang berminat beternak domba.
Salam hangat dari peternak domba tangkas “domba garut” Lingga wangi di Ciwaru Arjasari.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Domba dan Kambing

Artikel Sunda Goong Renteng

Suka Duka Beternak Domba - Memahami Resiko Ternak